Sunday, May 1, 2011

Sound Blaster 24 Bit Mod

Saya membeli soundcard ini beberapa tahun lalu, kondisi 2nd dan ternyata baru saya sadari selama ini ada 1 chip di dalam rangkaiannya yang cacat, tapi so far tidak mempengaruhi performa, usut boleh usut ternyata hanya IC selector yang memang tidak dipakai. Sound Blaster 24 bit atau SB0240 adalah advanced version dari jajaran soundblaster, sebelum akhirnya keluar audigy series. Dengan SQ yg so so saja, tidak ada yg istimewa, awalnya memang beli untuk memenuhi kebutuhan gaming dengan 7.1 speaker, jadi memang benar-benar tidak memperdulikan sound quality, asal 7.1 saja, karena lagi demam speaker 7.1 waktu itu. Tadinya berencana oprek-opreknya pada hari minggu siang, ternyata malam minggunya setelah nonton pertandingan Chelsea-Totenham malah tidak bisa tidur, akhirnya dini hari pukul 01:00 tancap solder dan pasangannya, electric desolder pump dan selesailah 1 jam kemudian, hoaaaammm...ngantuk dikit tapi puas, selesai tanpa hambatan...

Block yang menjadi target penggusuran adalah output coupling, DAC, filter dan power supply, setelah tracing dengan menggunakan multimeter murahan, dan sedikit bantuan mbah gugel akhirnya berikut inilah peserta yang akan terkena penggusuran :
1. Caps filter di opamp
Jamicon 22uF/25V x2 -> Elna Cerafine 22uF/50V, @ IDR 10K
Jamicon 22uF/16V x3 -> Elna Cerafine 22uF/50V, @ IDR 10K
Jamicon 100uF/16V x1 -> Nichicon Muse BP 100uF/16V, IDR 7K
2. Caps di DAC
Jamicon 10uF/16V x2 -> Elna Silmic II 10uF/50V, @IDR 5K
Jamicon 47uF/16V x1 -> undecided yet
Jamicon 1uF/16V x1 ->
undecided yet
3. Caps di Power Supply Block
Jamicon 22uF/25V x5 ->
undecided yet
Output coupling dari soundcard ini ternyata komponen chip, berbeda dengan audigy value yang sudah menggunakan kapasitor elektrolit.

Penampakan setelah recaps seperti gambar dibawah, sound qualitynya cukup meningkat, highnya lebih halus, dan bassnya lebih lembut, deep, staging juga meningkat, lebih berkesan analog, jadi penasaran bagaimana kalau opamp standard sudah diganti. Next target mencari opamp alternatif dulu, semoga dapat dengan harga terjangkau. Kapasitor di blok power supply masih belum tersentuh, karena menurut hemat saya power supply dari PC saya sudah cukup sakti, tapi tetap saja power supply penting sekali untuk audio, PSU baik means sound nya juga baik.

Yang hijau besar itu adalah Nichicon Muse BP, kemudian yang hitam adalah Elna Cerafine, dan diatasnya adalah Elna Silmic II. Setelah lengkap bagian DAC dan PSUnya termodify, akan saya update lagi disini, dan semoga juga ada kesempatan mencari opamp replacement untuk stock opamp yg ada.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Update, May 21, 2011
Akhirnya ada kesempatan untuk membandingkan hasil mod SB 24 bit ini dengan SC yang lain, kebetulan orderan Asus Xonar DG baru datang. Test dengan lagu favorit saya dari Yao Si Ting, "I Cry" hasilnya sangat mengejutkan, saya lebih menyukai reproduksi suara SC tua ini daripada Xonar DG. Reproduksi Xonar DG terdengar seperti tidak natural, desahan Mbak Yao kurang seksi, high sedikit tertahan. Claritynya juga tertinggal dari SB 24 bit mod. Mungkin dikarenakan DG ini tidak di desain untuk musik-musik kalem, lebih ke movie dan gaming. 


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Update, November 08, 2011
Tiba-tiba tanpa sengaja minggu lalu menemukan seorang seller caps yang baru di k****s kemudian contact2 beliau dan dapatlah beberapa Silmic II, tadinya mau dipasang di sektor power supplynya, tapi malah kepikiran menggusur cerafine nya dan di switch posisinya, Bukan yang posisi yang tepat untuk Elna sih, tapi cukup baguslah untuk sebuah SC tua. Akhirnya solder2 lagi, bersihin timah-timah dengan solder penghisap dan selesailah, berikut ini oprek updatenya :
1. Caps filter di opamp
Jamicon 22uF/25V x2 -> Elna Silmic II 22uF/50V, @ IDR 8K5
Jamicon 22uF/16V x3 ->
Elna Silmic II 22uF/50V, @ IDR 8K5
Jamicon 100uF/16V x1 -> Nichicon Muse BP 100uF/16V, IDR 7K
2. Caps di DAC
Jamicon 10uF/16V x2 -> Elna Silmic II 10uF/50V, @IDR 5K
Jamicon 47uF/16V x1 -> undecided yet
Jamicon 1uF/16V x1 ->
Elna Cerafine 1uF/25V, @ IDR 8K5
sektor DAC dan filter2

3. Caps di Power Supply Block
Jamicon 22uF/25V x5 ->
Elna Cerafine 22uF/50V, @ IDR 10K
Jamicon 47uF/25V x5 -> Nichicon Muse 47uF/35V, @ IDR 7K
Sektor power supply


Hasil akhirnya :
Final result

Beberapa caps yang memang tidak dibutuhkan sengaja tidak diganti, misalnya di blok ADC, dan line input. Sangat sederhana sekali SC ini, hanya belasan kapasitor saja yang perlu diganti, opamp masih dibiarkan standar, karena untuk melepasnya mesti mencopot lagi 2 kapasitor dibawahnya untuk memudahkan menyoldernya.

Impresi :
Vokal lebih open, jelas, highnya juga lebih detail, mengalun, peningkatan yang significant untuk sebuah soundblaster jadul. Sepertinya sudah saya tamatkan sampai disini oprek SC tua ini, tidak ada rencana lebih lanjut, sudah kasihan dengan PCB nya dihajar solder panas terus, mungkin akan segera masuk museum.

2 comments:

  1. super sekali mbah, ngopreknya, kalo saya punya creative x-fi extreme music, kira2 apa yang bisa dioprek mbah? :)

    ReplyDelete
  2. Wah maaf lama ndak nengok kesini, yang pasti recaps dan ganti opampnya Mas, dan hati-hati nyoldernya, mesti sabar dan tenang, tapi tidak kelamaan juga :-D

    ReplyDelete